Pemerintah Thailand Luncurkan Program ‘Bersihkan’ Al-Azhar

2

Ruwaqazhar, Kairo—Hari ini 10/4, Dr. Farhat Abdul Athi, Dekan Fakultas Syariah Universitas Al-Azhar menyambut kedatangan Mr. Peerasak Chantavarin Duta Besar Thailand untuk Mesir. Kedua belah pihak melakukan kerjasama untuk menyelenggarakan program kerja bakti membersihkan lingkungan Universitas Al-Azhar sebagai bentuk kepeduliaan Thailand terhadap universitas yang telah menaungi ratusan mahasiswanya ini. Kerja bakti ini diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa Thailand yang sedang menempuh pendidikan di Al-Azhar.

Duta besar Thailand menyatakan bahwa program ini bertepatan dengan perayaan hari kelahiran Putri  Maha Chakri Sirindhorn, putri Raja Thailand. Ia menambahkan bahwa pemerintah Thailand di Mesir ingin merayakan hari berbahagia ini dengan memperkuat jalinan kerjasama dengan Al-Azhar dalam kerja-kerja pelayanan publik. Al-Azhar menjadi pilihan dalam program ini sebagai sebuah bentuk ungkapan rasa terima kasihnya kepada Grand Shaikh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Thayib dan Universitas Al-Azhar yang dipimpinnya.

4

Peerasak juga menegaskan bahwa Al-Azhar mendapatkan penghormatan yang sangat luar biasa dari raja, pemerintah dan rakyat Thailand sebagai lembaga yang menjadi simbol moderasi Islam. Oleh karenanya, pemerintah Thailand lebih memilih untuk mengirimkan para pelajarnya ke Univesitas Al-Azhar daripada universitas-universitas lainnya di dunia.

Sementara itu, Dr. Farhat menyatakan bahwa metode Al-Azhar sangat memegang teguh pluralitas dan sikap menerima perbedaan. Al-Azhar juga mengajarkan kepada para pelajarnya untuk bersikap toleran dan moderat serta hidup damai di tengah masyarakat muslim maupun non-muslim.

Demikian juga Dr. Hamid Abu Thalib meminta para pelajar Thailand untuk bergaul dengan para pelajar Mesir  dan masyarakat Mesir secara umum agar kemampuan bahasa Arab mereka meningkat dan wawasan kemesiran mereka berkembang.[ms/ruwaqazhar.com]

Be Sociable, Share!

Komentar Anda

Komentar

Share