Keistimewaan Malam Nishfu Sya’ban

ns

Malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang mulia dan memiliki banyak keistimewaan sebagaimana malam-malam mulia lainnya, seperti malam Isra’ Mi’raj pada bulan Rajab, malam Lailatul Qadar para bulan Ramadhan, malam Jumat, hari Arafah, dan hari Asyura.

Diriwayatkan dari Aisyah r.a. ia berkata: “Aku mendengar Rasulullah SAW. bersabda, “Allah Azza wa Jalla memberikan kebaikan yang sangat banyak pada empat malam; malam Idul Adha, malam Idul Fitri, malam Nishfu Sya’ban dan malam Arafah.” (HR. al-Dailami)

Berikut keistimewaan malam Nishfu Sya’ban:

1- Malam penuh rahmat

Malam Nishfu Sya’ban juga sering disebut sebagai malam rahmat, berdasarkan hadis Nabi SAW., “Sesungguhnya Allah merahmati umatku pada malam ini (nishfu sya’ban) sejumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR. al-Baihaqi)

2- Malam ijabah

Malam ini juga dinamakan malam ijabah dimana doa tidak ditolak di dalamnya, berdasarkan hadis Nabi SAW., “Ada lima malam dimana sebuah doa tidak akan ditolak; malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya’ban, malam Jumat dan dua malam hari raya.” (HR. al-Dailami)

3- Malam pengampunan

Juga disebut sebagai malam ampunan, berdasarkan hadis Nabi SAW., “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla setiap malam Nishfu Sya’ban melihat hamba-hamba-Nya, lantas Dia mengampuni semua penduduk bumi kecuali dua orang; orang yang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah)

4- Malam hari raya para malaikat

Diantara namanya adalah malam hari raya para malaikat, berdasarkan sabda Nabi SAW., “Sesungguhnya para malaikat di langit memiliki dua hari raya sebagaimana halnya kaum muslimin memilikinya. Dua hari raya para malaikat adalah malam Nishfu Sya’ban dan malam Lailatul Qadar.”

5- Malam jiwa dan takdir

Malam ini disebut juga malam jiwa dan takdir, berdasarkan sabda Nabi SAW., “Jika telah tiba malam Nishfu Sya’ban maka malaikat maut akan menghapus nama orang-orang yang akan meninggal dari bulan Sya’ban ke bulan Sya’ban yang akan datang. (dalam setahun itu) seseorang berbuat zalim, durjana, menikah, dan menanam pohon sedangkan namanya sudah dihapus dari daftar kehidupan. Selain malam Lailatul Qadar, tidak ada malam yang lebih mulia daripada malam Nishfu Sya’ban.”

6- Malam kehidupan

Ini berdasarkan sabda Nabi SAW., “Jika datang malam Nishfu Sya’ban maka tidak akan ada seorang pun yang meninggal dunia antara Magrib dan Isya karena malaikat maut sibuk memegang kertas catatan dari Tuhan semesta alam.”

7- Malam syafaat

Hal ini berdasarkan riwayat Aisyah r.a. bahwa Nabi SAW. shalat pada malam Nishfu Sya’ban, lantas Jibril turun kepada beliau dan berkata: “Sesungguhnya Allah Ta’ala telah membebaskan separuh umatmu dari neraka. Dia telah memberikan syafaat yang sempurna.”

(Disarikan dari kitab Sadzarat fi fadhaail lailah al-nish min al-Sya’ban karya Syaikh Hasanain Muhammad Makhluf Mantan Mufti Mesir)

Be Sociable, Share!

Komentar Anda

Komentar

Share