Al-Azhar Keluarkan 52.000 Fatwa dalam Tiga Bulan Terakhir

Ruwaqazhar—Dalam tiga bulan terakhir, Majma Buhus Islamiyah Al-Azhar menerima permintaan fatwa tidak kurang dari 52.000 pertanyaan dari seluruh wilayah di Mesir. Kesemuanya dijawab secara ilmiah, dengan tetap menjaga realitas masyarakat, sehingga masyarakat merasa kesulitannya teratasi dan melihat nilai-nilai toleransi di dalam ajaran Islam.

Sekretaris Jenderal Majma Dr. Muhyiddin Afifi menegaskan, keputusan pihaknya untuk mendirikan sejumlah lajnah fatwa di seluruh wilayah Mesir demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin bertanya tentang berbagai hal terkait muamalah keuangan, fikih privat dan aliran-aliran pemikiran yang menyimpang. Lajnah-lajnah yang dibentuk ini berperan aktif dalam menanggulangi kerancuan fatwa yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak berkompeten.

Beliau menambahkan bahwa lajnah pusat telah mengeluarkan jawaban atas 22.000 pertanyaan, terhitung sejak bulan Juli lalu hingga akhir September. Sementara itu lajnah-lajnah yang berada di sejumlah provinsi dan tempat lainnya telah menerima 23.000 pertanyaan. Dan pertanyaan melalui jalur elektronik sebanyak 7500 pertanyaan.

Dalam keterangannya, Dr. Afifi menjelaskan, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh masyarakat tersebut berhubungan dengan fikih privat, warisan, ibadah, muamalah dan lainnya. Seluruh lajnah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam rangka untuk melawan fatwa-fatwa nyeleneh yang disebarkan oleh sejumlah pihak guna mengotori akal masyarakat. (mh/ruwaqazhar.com)

Be Sociable, Share!

Komentar Anda

Komentar

Share