Al-Azhar Gelar Perayaan Malam Nisfu Sya’ban

nisfu2

Ruwaqazhar, Kairo—Seperti biasanya, setiap tahunnya Al-Azhar menggelar Perayaan Malam Nisfu Sya’ban di Masjid Al-Azhar. Acara ini dihadiri oleh para pembesar ulama Al-Azhar.

Acara dimulai tepat setelah shalat Magrib dengan lantunan ayat suci Al-Quran. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari Dr. Muhammad Muhanna Penasihat Grand Shaikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ibrahim Hudhud Rektor Universitas Al-Azhar, Prof. Dr. Muawad Iwadh Ibrahim Guru Besar Al-Azhar, Dr. Muhammad Zaki Ketua Dewan Dakwah Al-Azhar dan Prof. Dr. Ahmad Umar Hasyim Guru Besar Al-Azhar.

Di dalam sambutannya, Dr. Muhammad Muhanna dan Dr. Muawad Iwadl berbicara tentang keutamaan Malam Nisfu Sya’ban, sedangkan Dr. Ibrahim Hud-hud menekan akan disyariatkannya perayaan Malam Nisfu Sya’ban. Sementara itu, selain mengupas kesahihan hadis-hadis tentang keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Dr. Ahmad Umar Hasyim, Guru Besar Ilmu Hadis Universitas Al-Azhar ini juga menjelaskan bahwa di bulan Sya’ban juga Allah SWT. memindahkan kiblat umat Islam dari Masjid Al-Aqsha ke Masjidil Haram. Dan tidak lupa beliau menyerukan sudah saatnya para pimpinan umat Islam bersatu untuk membebaskan Masjid Al-Aqsha.

Meski saat ini sedang musim ujian, tapi para pelajar baik asli Mesir maupun manca negara masih tetap semangat untuk menghadiri majelis yang penuh berkah ini.

Setelah shalat Isya dilanjutkan dengan pembacaan kitab kumpulan hadis-hadis Malam Nisfu Sya’ban karya Syaikh Ibnu al-Dabitsi yang dibacakan oleh Syaikh Abdul Ra’uf dari Suriah. Di sela-sela acara juga dilantunkan syair-syair pujian kepada Rasulullah SAW.. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian ijazah khusus dan umum oleh para ulama Al-Azhar kepada para hadirin dan ditutup dengan doa oleh Dr. Muhammad Zaki. (zf/ruwaqazhar.com)

Be Sociable, Share!

Komentar Anda

Komentar

Share